SEANDAINYA

22.09 / /




Seandainya...
Aku menjadi orang kaya,
mungkin semua kebutuhan hidup dapat kupenuhi,
Seandainya...
Aku menjadi orang miskin,
mungkin aku menjadi orang yang dapat tabah menghadapi segala sesuatunya,
Seandainya...
Aku mengetahui hari esok,
pasti segala sesuatu akan sempurna ku buat,
Seandainya...
Tidak ada agama,
mungkin tidak akan ada yang dapat dipersalahkan,
Seandainya...
Tidak ada hukum,
mungkin tidak akan ada orang yang dipenjara,
Seandainya...
Seandainya...
Seandainya...


Namun...
Ketika aku menjadi orang kaya,
Aku mungkin pusing memikirkan keamanan harta dan diri sendiri
Namun...
Ketika aku menjadi orang miskin,
Aku mungkin mengeluh tentang masa depan yang tidak pasti,
Namun...
Ketika aku mengetahui hari esok,
Mungkin aku menjadi manusia yang tidak memiliki harapan,
Namun...
Ketika agama tidak ada,
Mungkin akan kacau balau, karena semua bertindak sesukanya,
Namun...
Ketika tidak ada hukum,
Tidak ada yang dapat dituntut, ketika aku mati dibunuh,
Namun...
Namun...
Namun...


Mungkin...
Ketika aku menjadi orang kaya,
Aku dapat membagi waktu dengan sesama dan saling berbagi,
Mungkin...
Ketika aku menjadi orang miskin,
Aku lebih memiliki kasih, karena dapat merasakan penderitaan,
Mungkin...
Ketika aku mengetahui hari esok,
Aku dapat menyukakan hati sesama,
Mungkin...
Ketika tidak ada agama,
Tidak ada perbedaan yang dapat dipertentangkan,
Mungkin...
Ketika tidak ada hukum,
Tidak ada yang dapat dikambing hitamkan,
Mungkin...
Mungkin...
Mungkin...


Seandainya, namun dan mungkin adalah bahagian dari kehidupan,
"Seandainya" datang untuk memberikan pengharapan,
"Namun" datang untuk memberikan pertimbangan,
"Mungkin" datang untuk memberikan rasa kehati-hatian,
itulah hidup manusia.

Label: